Monday, January 23, 2012

Belajar Hangul (Tulisan Korea)

Anyonghaseyo! pengen bantu chingudeul sekalian buat belajar bahasa korea, eh salah, baca Hangul sih lebih tepatnya, karena tulisan korea itu lumayan mudah dibandingkan dengan Jepang atau Cina yang hurufnya sampe ribuan. hehe. kalo Hangul dijamin simpel dan nulisnya juga gampang kok :))

tapi sebelumnya, mau cerita dikit soal Hangul..
jadi, orang Korea seperti Jepang dan Cina lainnya ingin punya bahasa serta tulisan kan..dan tulisan yang diakui saat itu di wilayah sekitar korea pada waktu itu adalah Hanzi cina, atau dikenal dengan Kanji di Jepang. namun Kaisar Sejong (skitar abad ke 15) menganggap tulisan Cina itu sangat sulit dan banyak untuk dipelajari, dan akan membebani rakyatnya sendiri. selain itu pengekspresian orang korea dalam bahasanya dinilai tidak cocok bila menggunakan tulisan Cina. oleh karena itu dia menciptakan sebuah konsep penulisan yang "jenius" yakni Hangul. Hangul pada dasar katanya berarti Han (nomor satu) dan Geul (cara penulisan) jadi harfiahnya berarti 'Penulisan Terbaik'. nah terbukti metode ini efektif, dan menjadi huruf resmi di Korea hingga kini.

oke, kita mulai dengan mengenal huruf dasar dari Hangul yah.. dikit kok, huruf dasarnya ada 24 huruf. terbagi dalam 14 butir konsonan dan 10 vokal

Konsonan :
: K/G
: N
: D/T
: R/L
: M
: B/P
: S
: Ng
: J/C
: CH
: KH
: TH
: PH
: H

Vokal :
: A
: YA
: EO
: YEO
: O
: YO
: U
: YU
: EU
: I

nah, simpel kan, kalo niat 3 hari juga hapal itu huruf2 hehe. nah berikutnya cara baca, sering liat kan kalo tulisan korea banyak bulet-bulet dan numpuk2 hurufnya? tenang. itulah uniknya penulisan korea. jadi tulisan korea dibentuk dari konsonan & vokal2 tersebut. hemm bingung? pake contoh deh수영 nah..dibacanya gimana tuh? baca huruf korea itu dari kiri ke kanan, atas ke bawah. jadi kata pertama ada huruf ㅅdan ㅜ   kan? jadi dibacanya SU. nah berikutnya ada huruf ㅇ, ㅕ, sama ㅇ  . bacanya gimana tuh? nah kalo di Hangul, vokal itu gabisa berdiri sendiri jika ditulis, harus ada huruf ㅇ yang nemenin. makanya huruf ㅇ diawal gabisa dibaca apa2, jadi langsung ke vokal yang ditulis setelahnya yakni huruf ㅕdibacanya Yeo. baru setelahnya huruf ㅇ di akhir kata bisa dibaca NG. jadi deh dibaca Yeong. jadi 수영 dibaca? yak betul, Sooyoung. nah temen2 kalo bingung kenapa ga langsung ditulis Suyong sih sesuai dengan ejaan indonesia? jawabannya karena ejaan Hangul disesuaikan dengan ejaan inggris. kalo orang inggris gabisa dikasih Suyong langsung dibaca Suyong, jadi harus ditulis Sooyoung hehe. got it?

mohon maklum, saya baru bisa share cara baca Hangul, secara bahasa korea saya masih simpel sekedar sapa dan memperkenalkan diri saja ^^
berikut dikasih contoh2 nama2 Korea aja yah, biar lebih familiar sama vokal dan konsonan dasar yang ditulis diatas

이툭 : Leetuk ; Ituk
김종국  : Kim Jong Kook ; Kim Jong Kuk
재시카  : Je si ca ; Jessica
티파니  : Thi pha ny ; Tiffani
임윤아  : Im Yoon A ; Im Yuna
소녀시대 : So Nyo Shi Dae ; So Nyo Shi De
카라 : Ka Ra ; Kara
유리 : Yu Ri ; Yuri
오빠 : Oppa
닉쿤 : Nik Khun ; Nikhun
탱구 : Taeng Goo ; Tenggu
구하라  : Goo Ha Ra ; Gu Hara
수지 : Su Ji ; Suzi
서현 : Seo Hyun ; Sohyon
효연 : Hyo Yeon ; Hyoyon
숭민 : Sung Min ; Sungmin
민호 : Min Ho ; Minho
효민 : Hyo Min ; Hyomin
미안해  : Mianhae ; Miane
안녕하새요: An Nyong Ha Se Yo ; Anyonghaseyo

Semoga ini membuat kalian bisa menulis dan membaca Hangul ^^



1 comment:

  1. Makasih yaa... atas Infonya. Btw, Blognya Bagus. :D Kamsah. - Bu -

    ReplyDelete

 

♥Korean♥ © 2010 Web Design by Ipietoon Blogger Template and Home Design and Decor